JENIS JENIS SEREALIA DAN MANFAATNYA

Serealia atau sering disebut Sereal atau Biji-bijian adalah tanaman yang berasal dari suku rumput-rumputan dan diambil biji atau bulirnya sebagai sumber karbohidrat. Beberapa jenis serealia menjadi bahan makanan pokok bagi sebagian besar penduduk dunia. Anggota dari serealia kebanyakan dari suku padi-padian misalnya padi, gandum, sorgum, jagung, jelai ,haver, gandum durum ,serta gandum hitam adalah beberapa contoh yang masuk kedalam serealia utama. Adapula anggota serealia yang disebut serealia semu seperti bayan biji,kinoa dan buckwheat dan ada juga serealia yang digunakan untuk pakan burung kicau seperti berbagai jenis milet dan jewawut.
Berikut adalah macam-macam tanaman serealia:




1. Padi


1.PADI


Oryza sativa atau yang dikenal dengan Padi adalah salah satu tanaman serealia yang sudah menjadi makanan pokok di berbagai negara tropis termasuk Indonesia. padi masuk kedalam sku padi-padian (poaceae), padi memiliki akar serabut, batang pendek, bentuk daun sejajar berwarna hijau muda dan hijau tua, bunga tersusun majemuk, tipe buahnya adalah kariopsis yang tidak dapat dibedakan antara biji dan buahnya (bulir) dan bentuk bulirnya lonjong dengan ukuran 3mm-15mm yang tertutup oleh sekam atau palea dan lemma . Tanaman padi adalah tanaman semusim dan hasil pengolahan padi disebut beras yang kemudian dimasak menjadi nasi untuk di konsumsi sebagai sumber karbohidrat.
2.  Jagung

Zea mays atau Jagung merupakan tanaman serealia yang ditanam guna sebagai pakan ternak untuk bagian daun dan tongkolnya, dibagian bulirnya dibuat minyak dan tepung maizena,dan ada bagian tongkol dan bulir yang telah dibuat tepung digunakan untuk bahan baku industri.jagung kaya akan pentosa.
3. Gandum

Triticum spp atau Gandum adalah jenis tanaman serealia yang termasuk kedalam suku padi-padian yang mengandung banyak karbohidrat. Biasanya di eropa gandum menjadi makanan pokok. Gandum selain dijadikan makanan pokok juga diproduksi menjadi tepung terigu,pakan ternak,serta ada yang difermentasi untuk menghasilkan alkohol, selain itu juga dapat dijadikan bahan industri. Gandum diklasifikasikan berdasarkan warna, tekstur biji, dan musim tanamnya.berdasarkan warna gandum diklasifikasikan menjadi merah dan putih, berdasarkan tekstur gandum diklasifikasikan menjadi soft, durum, dan hard, sedangkan berdasarkan musim gandum dibagi menjagi spring dan winter. Secara umum gandum dibedakan menjadi durum wheat,soft wheat, dan hard wheat.

0 Comments